Kamar

Hotel Budget Dengan Gaya Minimalis, Ibis Budget Semarang

on
1 Juli 2018

Hotel budget terkadang menjadi alternatif yang akan kita cari ketika liburan kita memiliki keterbatasan pada faktor keuangan. Segala jenis hotel dengan harga termurah pun akan kita cari demi memenuhi hasrat berlibur untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Mulai dari guest house, hostel, sampai hotel dengan berbagai diskon/promo menjad incaran. Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman saya menginap di salah satu hotel budget di daerah Semarang, yaitu Ibis Budget Semarang. (Baca juga : https://www.jajakarama.com/pool-villa-donmueang-bangkok/)

Beroperasi sejak tahun 2014
Hotel Budget di Semarang

Tampak depan Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Hotel Ibis Budget Semarang dibuka sejak tahun 2014 dengan jumlah kamar sebanyak 160. Hotel ini terdiri dari beberapa lantai dengan dua buah lift. Hotel ini memiliki satu buah restaurant yang akan menjadi tempat para pelanggan hotel untuk melakukan sarapan di pagi hari. Ibis Budget Semarang akan mengenakan tarif sebesar Rp 46.200,00 jika kamu memesan kamar yang tidak termasuk sarapan. Hotel ini tidak memiliki kolam renang ataupun bar. Waktu check-in pada Ibis Budget Semarang adalah Pukul 14.00 dan check-out adalah Pukul 12.00, yup termasuk waktu yang memang sudah menjadi standard hotel di Indonesia sepertinya.

Lokasi yang sangat strategis, dekat kemana-mana
Hotel Budget di Semarang

Meja Receptionist Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Sesuai dengan namanya, Ibis Budget Semarang berlokasi di Jl. Kap Pierre Tendean 21. Lokasi ini sangat dekat dengan beberapa destinasi wisata yang sangat iconic di Kota Semarang, yaitu Lawang Sewu, Simpang Lima, dan Paragon Mall. Selain itu, lokasi Ibis Budget Semarang juga dekat dengan stasiun dan bandara. Jarak dari Ibis Budget Semarang ke Stasiun Poncol adalah ±700 m , sedangkan jarak dari hotel ke Achmad Yani International Airport berjarak sekitar 4,2 Km.

Ini lah sebabnya kenapa saya memilih Hotel Ibis Budget Semarang sebagai tempat saya menginap selama berada di Kota Semarang pada 2 – 4 Maret 2018 lalu. Dengan lokasi yang strategis ini, tentunya akan memudahkan saya untuk menjangkau semua destinasi wisata yang berada di Kota Semarang dan tidak akan menghabiskan waktu di jalan.

Hotel budget dengan fasilitas yang tidak kalah keren
Hotel Budget di Semarang

Fasilitas Massage Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Jika melihat dari kata “Hotel Budget” tentunya kamu mungkin akan beranggapan kalau fasilitas dari Ibis Budget Semarang tidak akan sebagus hotel pada umumnya. Tapi kenyataannya tidak lho dan saya sendiri sudah membuktikannya. Meskipun tidak memiliki kolam renang ataupun bar (seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya) tapi masih banyak lagi fasilitas hotel yang bisa kamu nikmati. Berikut ini adalah fasilitas yang Hotel Ibis Budget Semarang berikan untuk pelanggannya :

  1. Free Wi-Fi di kamar hotel & publik area.
  2. Massage
  3. Smoking area
  4. Airport transfer
  5. Diperbolehkan membawa hewan peliharaan
  6. Currency exchange

Jadi gimana? Dari fasilitas di atas, ada yang bikin saya cukup kaget yaitu perihal diperbolehkannya hewan peliharaan. Yup, buat kamu yang penasaran bisa langsung hubungi saja contact person untuk Ibis Buget Semarang (akan saya beritahu di paragraf terakhir).

Dimanjakan saat menunggu check-in
Hotel Budget di Semarang

Lobi Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Hotel Budget di Semarang

Internet Corner Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Menunggu check-in jadi tidak membosankan di Ibis Budget Semarang karena saya disuguhkan dengan interior yang menyegarkan mata. Waktu itu saya tiba di hotel sekitar Pukul 13.00 dan harus menunggu kurang lebih 1 jam lagi untuk bisa check-in. Jadi lah saya menunggu di lobi utama sambil melihat-lihat sekitar. Dekorasi lobi utama dan tempat menunggu sangat minimalis namun tetap terkesan berkelas. Didominasi dengan warna hijau dan navy blue serta beberapa kursi dan meja bundar menjadikan lobi Ibis Budget Semarang terlihat lebih unik. Belum lagi, fasilitas internet corner yang ada di lobi utama akan membuat waktu menunggu jadi tidak terasa.

Hotel Budget di Semarang

Toko Souvernir Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Selain ruang tunggu dan internet corner, Ibis Budget Semarang juga menyediakan toko souvenir yang dapat kamu jadikan referensi untuk mencari oleh-oleh khas Semarang. Ada berbagai macam kerajinan tangan yang ditawarkan di toko souvenir ini, mulai dari asbak kayu yang dipahat, lampu hias, tas anyaman, hingga pakaian pun bisa kamu beli. Untuk membeli oleh-oleh di toko souvenir ini, kamu dapat meminta bantuan receptionist-nya.

Kamar minimalis dengan dominasi warna putih dan hijau
Hotel Budget di Semarang

Standard Twin Room | Sumber : agoda.com

Hotel Budget di Semarang

Standard Double Bed Room | Sumber : agoda.com

Hotel Budget di Semarang

Standard Double Bed with Extra Bed Room | Sumber : instagram.com/ibisbudgetsemarang

Jenis kamar yang disediakan oleh Ibis Budget Semarang ada 3, yaitu Standard Twin Room dan Standard Double Bed, dan Standard Double Bed with Extra Bed. Untuk kedua jenis kamar ini bisa kamu pesan include breakfast atau tidak. Tentunya harganya akan berbeda ya jika kamu pesan kamar yang sudah termasuk sarapan dan belum termasuk sarapan. Standard Double bed with Extra Bed tentunya bisa kamu pesan jika kamu merupakan satu keluarga dengan anak kecil. Hal ini lah yang menjadi nilai plus dari Ibis Budget Semarang, Semarang karena kamu dapat mengawasi anak kamu juga.

Kondisi kamarnya didominasi warna putih dengan sedikit sentuhan warna hijau di beberapa bagian dan yang paling saya suka adalah posisi jendela kamarnya yang menghadap ke jalan raya sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup. Namun, kekurangannya adalah hanya tersedia satu bantal untuk masing-masing kasur karena saya termasuk tipe orang yang tidak bisa tidur tanpa memeluk sesuatu (guling), sehigga saya harus memanfaatkan tas saya sebagai bantal dan bantal sebagai guling.

Hotel Budget di Semarang

Fasilitas Kamar Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Wastafel di Ibis Budget Semarang tidak berada di dalam kamar mandi, dan di belakang wastafel terdapat desk serta kursi yang dapat digunakan untuk bersantai. Kamar mandi dan toilet dibuat terpisah. Jadi, kamu tidak perlu ngantri jika tiba-tiba ingin poop tapi teman kamu lagi mandi.

 

Standard Twin Room

Standard Double Bed (2 Adults) Standard Double Bed (3 Adults)

Luas Kamar

13 m2 13 m2

13 m2

Tempat Tidur

2 Single Bed

1 Double Bed

1 Double Bed

Balkon

X

X

X

Smoking

X

Harga (Exclude Breakfast)*

Rp 220.605

Rp 220.605

Rp 294.525

Harga (Include Breakfast)*

Rp 249.249 Rp  249.249

Rp 351.813

*Note : harga jika booking melalui agoda.com dan dapat berubah setiap waktu

Hotel Budget di Semarang

WC Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Hotel Budget di Semarang

Kamar Mandi Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Sarapan ala buffet di hotel budget
Hotel Budget di Semarang

Restaurant Ibis Budget – Tendean, Semarang | Sumber : agoda.com

Meskipun namanya hotel budget tapi untuk urusan sarapan rupanya Ibis Budget Semarang tidak sembarangan memberikan pelayanan kepada pelanggannya. Kenapa? Karena meskipun room rate untuk sebuah kamar di Ibis Budget terbilang murah, tapi saya masih dapat menikmati sarapan ala buffet. Meskipun pilihan menu tidak cukup banyak, paling tidak sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Mulai dari appetizer, sereal, main course, dessert, hingga beverage semuanya bisa kamu nikmati. Namun, karena porsi sarapan saya tidak banyak oleh karena itu saya hanya memilih nasi goreng mentega, ayam fillet tepung, dan sosis. Sedangkan untuk minumnya saya memilih susu cokelat dan air mineral.

Alamat Ibis Budget – Tendean, Semarang

Buat kamu yang berminat untuk menginap di Hotel Ibis Budget Semarang. Kamu dapat menggunakan mode transportasi taksi online dari Stasiun ataupun Bandara karena posisinya yang memang sangat strategis. Berikut alamat lengkapnya :

Jl. Kapten Pierre Tendean 21, Chinatown

Semarang, Indonesia – 50132

+6224-7692-8888

Instagram : https://instagram.com/ibisbudgetsemarang

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

RAMA MURTABA
INDONESIA

Nama saya Rama, seorang melankolis yang sedang menggeluti hobi barunya dibidang fotografi dan travelling. Dengan web ini saya akan membagikan pengalaman saya yang dibagi dalam tiga kategori yaitu Jalan, Jajan, dan Kamar.

MY TWO CENTS

“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters wi“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”th new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”