Perpanjang Paspor
Lainnya

Persyaratan Mengurus Paspor Jadi Lebih Simple. Gak Percaya?

on
2 Agustus 2018

Seminggu beristirahat dari rutinias menulis rasanya bikin rindu ya ternyata. Nah, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat mengurus paspor beberapa minggu yang lalu. Berdasarkan sumber dari wikipedia, Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Bisa dibilang, paspor merupakan KTP kita saat berada di negara lain. Dengan begitu, masa berlaku paspor sangat penting untuk diperhatikan agar kamu tetap bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. Terlebih ada beberapa maskapai penerbangan yang mengharuskan masa berlaku paspor kamu maksimal 6 bulan saat melakukan perjalanan. Saat ini, proses mengurus paspor jauh lebih mudah dan cepat, persyaratannya pun jauh lebih simple. Tidak percaya? semua akan di bahas di artikel ini, jadi baca artikelnya sampai habis ya guys.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengurus paspor

Sebelum saya membahas mengenai persyaratan, tata cara, dan biaya untuk mengurus paspor. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengurus paspor:

1. Apabila kamu ingin melakukan pembatalan jadwal layanan (selambat-lambatnya 1 hari sebelum jadwal kedatangan) silakan ketik #batal dan kirim ke nomor kantor imigrasi tempat kamu melakukan registrasi online.

2. Tunjukkan bukti konfirmasi dari whatsapp kepada petugas melalui ponsel kamu.

3. Kamu diharuskan hadir 30 menit lebih awal dari jadwal waktu yang telah ditentukan.

4. Kode booking antrian hanya berlaku sesuai tanggal yang telah ditentukan.

5. Kamu harus melakukan booking antrian ulang bila tidak datang sesuai tanggal dan jam yang telah ditentukan.

6. Nomor whatsapp hanya bisa mendapatkan satu kode booking samai batas tanggal layanan yang dimiliki.

7. Kode booking ini dapat kamu gunakan jika kamu masuk dalam kategori orang tua yang akan melakukan registrasi bersama dengan anak kandung yang masih balita.

8. Pastikan bahwa data pada setiap dokumen sama. Jika terdapat perbedaan pada KTP Elektronik/Kartu Keluarga dengan dokumen identitas diri agar dapat dibenarkan terlebih dahulu.

9. Surat asli dokumen dan paspor lama (bagi yang telah memiliki paspor) harus dibawa lengkap saat pengajuan paspor dan difotokopi dengan kertas berukuran A4.

10. Permohonan akan ditolak apabila data di setiap dokumen tidak sama.

Sistem baru yang memudahkan kita dalam melakukan registrasi
Perpanjang Paspor

Layanan Paspor | Sumber: Kantor Imigrasi Kota Tangerang

Saat ini Kantor Imigrasi di Indonesia sudah menerapkan sistem baru untuk memudahkan dalam mengurus paspor. Apa itu? Jawabannya adalah Sistem Antrian Online. Kantor Imigrasi Kelas 1 di Indonesia mengharuskan kita (orang yang ingin mengurus paspor) mendaftar via whatsapp terlebih dahulu sebelum datang ke kantor. Saya sendiri kurang tahu, apakah masih ada kantor imigrasi yang belum menerapkan sistem ini atau tidak. Tapi yang jelas, beberapa kantor imigrasi di Jakarta dan Tangerang sudah memberlakukan sistem ini.

Kunjungi juga: Official Website Kantor Imigrasi Jakarta Pusat

Kunjungi juga: Official Website Kantor Imigrasi Kota Tangerang

Jadi, sebelum kamu melakukan registrasi online, tentunya kamu harus mengetahui dulu official number dari Kantor Imigrasi yang ingin kamu datangi karena nomornya sudah pasti berbeda-beda. Untuk mendapatkan official number-nya, kamu bisa mengunjungi official website dari kantor imigrasi tersebut. Selain untuk melakukan resgitrasi online, nomor whatsapp dari Kantor Imigrasi juga dapat kamu gunakan untuk mengetahui persyaratan, biaya, cara bayar, dan pembatalan. Dengan diberlakukannya sistem ini, menurut saya Kantor Imigrasi sudah memberikan kemudahan untuk kita dalam melakukan pengurusan paspor. Kenapa? Karena semua informasi yang kita butuhkan bisa diakses dengan menggunakan handphone.

Langkah-langkah melakukan registrasi online

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan registrasi online via whatsapp, yaitu:

1. Kamu baru bisa melakukan registrasi online mulai pukul 08.00. Jika kamu melakukannya sebelum waktu yang ditentukan, maka sistem akan menolak registrasi yang kamu lakukan.

2. Untuk layanan di hari Senin – Rabu, kamu bisa melakukan registrasi mulai di hari Minggu sampai Selasa pada pukul 24.00. Sedangkan untuk layanan di hari Kamis – Jumat, kamu bisa melakukan registrasi di hari Rabu sampai Kamis pada pukul 24.00.

Untuk registrasi online, saya harus melakukannya berkali-kali karena memang pada saat itu saya belum familiar dengan sistem baru yang diberlakukan oleh Kantor Imigrasi. Saya mulai melakukan registrasi untuk pertama kali pada tanggal 9 Juni 2018 Pukul 16.30, namun pada saat itu kuota layanan sudah penuh. Saya pun akhirnya merasa malas untuk melakukan perpanjang paspor (karena saya pikir masih bulan September habisnya). Ternyata oh ternyata, masa berlaku paspor saya adalah 9 Juli 2018, jadilah pada tanggal 20 Juni 2018 saya memutuskan untuk melakukan registrasi online (lagi). Sampai akhirnya saya harus setting alarm pada pukul 07.50 sebagai pengingat saya untuk melakukan registrasi online. Berikut langkah-langkah untuk melakukan registrasi online via whatsapp:

1. Simpan nomor kantor layanan pajak yang akan kamu datangi. (Tentunya ini akan memudahkan kamu saat melakukan pencarian di kolom chat pada whatsapp).

2. Ada 2 cara pengetikan untuk melakukan registrasi online, berikut caranya:

a. Ketik #NAMA#TANGGAL LAHIR (DDMMYYY)#TANGGAL LAYANAN (DDMMYYYY)

Contoh:

#Admin 1#01012000#10102018

b. Ketik

#NAMA

#TANGGAL LAHIR (DDMMYYYY)

#TANGGAL LAYANAN (DDMMYYY)

Contoh:

#Admin 1

#01012000

#10102018

3. Jika kuota sudah penuh, maka kamu akan mendapatkan balasan seperti pada gambar (1). Jika kuota masih tersedia, maka kamu akan mendapatkan balasan seperti gambar (2).

Mengurus Paspor

Balasan jika kuota penuh | Sumber: jajakaram.com

Mengurus Paspor

Balasan jika kuota tersedia | Sumber: jajakarama.com

4. Lakukan konfirmasi mengenai data registrasi yang telah dilakukan dengan mengirim kode persetujuan yang telah diberikan.

5. Jadwal layanan paspor sudah kamu dapatkan beserta jam dan kode booking-nya.

Mengurus Paspor

Nomor antrian sudah didapatkan | Sumber: jajakarama.com

Baca juga: Hayati Lelah? Mampir Saja ke Hayati Specialty Coffee

Persyaratan untuk mengurus paspor

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, untuk mengetahui persyaratan apa saja yang kamu persiapkan untuk mengurus paspor, kamu dapat ketik #persyaratan dan kirim ke official number Kantor Imigrasi. Untuk mengurus paspor, terbagi menjadi 3 yaitu membuat baru paspor, penggantian paspor (jika sebelumnya sudah memiliki paspor), dan penggantian paspor yang hilang. Kali ini saya hanya akan membahas mengenai pembuatan paspor dan penggantian paspor.

1. Syarat-syarat pembuatan baru paspor (Dewasa):

a. KTP Elektronik/Surat keterangan pengganti KTP Elektronik sementara (asli dan fotokopi).

b. Kartu keluarga (asli dan fotokopi).

c. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah (asli dan fotokopi memuat nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).

d. Surat Pewarganegaraan Indonesia untuk WNA yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

e. Surat penetapan ganti nama.

2. Syarat-syarat pembuatan baru paspor (Anak):

a. KTP Elektronik/Surat keterangan pengganti KTP Elektronik kedua orang tua (asli dan fotokopi).

b. Kartu keluarga (asli dan fotokopi).

c. Akta kelahiran (asli dan fotokopi).

d. Akta perkawinan atau buku nikah orang tua (asli dan fotokopi).

e. Bukti/sertifikat pendaftaran kewarganegaraan ganda terbatas bagi anak subjek kewarganegaraan terbatas (asli dan fotokopi).

f. Surat penetapan ganti nama.

3. Syarat-syarat penggantian paspor:

Saat ini, syarat-syarat untuk perpanjang/penggantian paspor sangat sederhana. Kamu hanya perlu melampirkan dua dokumen saja, yaitu:

a. KTP Elektronik/Surat keterangan pengganti KTP Elektronik (asli dan fotokopi).

b. Paspor lama (asli dan fotokopi).

Tentunya, ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi dengan melampirkan dua dokumen tersebut. Kondisi-kondisi tersebut yaitu:

a. data di KTP Elektronik sesuai dengan paspor yang lama.

b. Paspor lama diterbitkan di dalam negeri sejak tahun 2009.

c. Tidak berlaku untuk penggantian paspor karena hilang.

d. Khusus untuk tujuan ibadah haji/umroh, tetap melampirkan rekomendasi dari travel umroh dan rekomendasi kementerian agama kota/madya.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengurus paspor

Untuk biaya saat mengurus paspor terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Paspor 24 halaman, Paspor 48 halaman, dan E-Paspor 48 halaman. Berikut detail biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengurus paspor:

Jenis Paspor Biaya
Paspor 24 halaman Rp 155.000,-
Paspor 48 halaman Rp 355.000,-
E-Paspor 48 halaman Rp 655.000,-

Note: Biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa IT Biometrik sebesar Rp 55.000,-

Jadi, bagaimana menurut sudut pandang kamu mengenai sistem yang diterapkan oleh Kantor Imigrasi saat ini? Apakah suatu kemajuan yang memudahkan kamu atau malah sebaliknya? Seperti kata pepatah “Bisa karena terbiasa“, mungkin mindset itu yang harus kita tanamkan saat ini. Untuk pengalaman saya saat berada di Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Tangerang, akan saya jelaskan di Part 2. So, ditunggu kelanjutannya ya guys!

TAGS
6 Comments
  1. Balas

    Ristiyanto

    2 Agustus 2018

    Artikelnya menarik, kebetulan paspor saya masih berlaku hingga beberapa tahun ke depan. Paling tidak, sudah ada gambaran untuk mengurus kembali.

    • Balas

      Rama Murtaba

      5 Agustus 2018

      hahaha, terimakasih mas ris sudah mampir.

    • Balas

      Rama Murtaba

      16 Agustus 2018

      terimakasih bang ris sudah mampir.

  2. Balas

    Kontengaptek

    3 Agustus 2018

    Buat paspor jadi lebih mudah ya sekarang..
    Teknologi makin lama makin canggih..

    Mantap👍

    • Balas

      Rama Murtaba

      5 Agustus 2018

      benar banget bang. sistem barunya sudah mengikuti perkembangan zaman nih dengan memanfaatkan whatsapp. haha

    • Balas

      Rama Murtaba

      16 Agustus 2018

      benar sekali bang. justru ini inovasi yang sangat bagus sih menurut saya.

LEAVE A COMMENT

RAMA MURTABA
INDONESIA

Nama saya Rama, seorang melankolis yang sedang menggeluti hobi barunya dibidang fotografi dan travelling. Dengan web ini saya akan membagikan pengalaman saya yang dibagi dalam tiga kategori yaitu Jalan, Jajan, dan Kamar.

MY TWO CENTS

“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters wi“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”th new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”