La Costilla Bandung
Jajan

Kafe Hitz Ala Mexico di Kota Kembang, La Costilla Bandung.

on
18 Agustus 2018

Sudah menjadi suatu keharusan nampaknya untuk mencicipi beberapa tempat makan saat melakukan perjalanan ke suatu daerah. Apalagi kalau daerah tersebut memiliki tempat makan yang sedang menjadi pembicaraan hangat netizen. Tidak mau kalah, mungkin itulah sifat manusia yang memang sudah lumrah. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengunjungi salah satu tempat makan yang lagi hits di Kota Kembang, La Costilla Bandung. Explore di instagram saya dipenuhi oleh foto-foto para pelakon OOTD dengan latar pintu berwarna hijau dan tembok merah jambu, sangat membuat saya penasaran. Mungkin sudah menjadi suatu keharusan ya bagi beberapa tempat makan menyajikan spot foto yang instagramable. Tapi yang namanya tempat makan, tentu harus mengutamakan cita rasa makanan yang ditawarkan. So, baca sampai habis ya untuk cari tahu bagaimana rasa makanannya, mengecewakan atau tidak?

Dari depan terlihat kecil, ternyata memanjang ke belakang
La Costilla Bandung

Tampak depan La Costilla | Sumber: jajakarama.com

Siapa yang menyangka kalau ternyata tampilan depan sebuah tempat makan yang lagi hits di Bandung adalah seperti pada gambar di atas? Terlihat sangat kecil dan tidak menonjol. Mungkin kalau tidak tahu dari instagram, saya pun rasanya akan berfikir berkali-kali untuk mampir ke tempat makan tersebut. Tapi ternyata, di sana lah tempat makan yang saya cari. Dengan penampilan depan bergaya klasik dihiasi jendela berwarna biru pada kerangkanya dan sebuah pintu kayu di sebelah kanan. Tulisan “La Costilla”nya pun hanya terletak di sudut kanan atas, tepat berada di atas pintu masuk dan membuat saya kesulitan saat mencari tempat makan ini. Terlihat kecil dan biasa saja kalau dari depan, tapi ternyata tempat makan ini memanjang ke belakang dan hanya terdiri dari satu lantai saja. Buat kamu yang ingin mampir ke La Costilla untuk pertama kali, tempat makannya berada di sebelah kanan jalan ya guys. Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa mengandalkan gmaps saja, alamat lengkapnya akan saya berikan di akhir tulisan seperti biasa.

La Costilla berarti “tulang rusuk”
La Costilla Bandung

Meja Kasir dan Barista di La Costilla | Sumber: jajakarama.com

La Costilla mulai beroperasi sejak 15 Juni 2017. La Costilla dalam bahasa Spanyol memiliki arti ribs (tulang rusuk). Sehingga tidak aneh kalau ribs merupakan menu andalan yang ditawarkan oleh La Costilla. Meskipun namanya menggunakan bahasa Spanyol, tapi untuk jenis makanan yang ditawarkan oleh La Costilla adalah makanan khas Mexico dan beberapa makanan western. Bahkan, beberapa menu yang ditawarkan oleh La Costilla pun diberi nama dalam bahasa Spanyol. Eits, tapi kamu tidak perlu khawatir karena terdapat penjelasan untuk tiap menu yang ditawarkan. Jadi, kamu tidak akan salah pilih menu di sini. Untuk jam operasionalnya, La Costilla sudah buka dari Pukul 08.00 – 22.30 dan 08.00 – 23.00 khusus di hari Sabtu. Menu breakfast di La Costilla dapat kamu pesan mulai dari 08.00 – 10.30, dan selanjutnya ada menu makan siang hingga makan malam.

Interior dan desain yang sangat minimalis

Seperti pada pintu masuk, kursi dari La Costilla juga berwarna biru. Mungkin warna biru adalah warna utama dari tempat makan ini karena pelayannya pun menggunakan seragam berwarna biru. Dengan sedikit pepohonan kecil di dalam ruangan, membuat La Costilla nampak sejuk dan nyaman. Selain itu, terdapat pula sebuah mural pada bagian tembok yang berwarna putih di dekat dapur yang cocok untuk menjadi spot foto dan meramaikan feed di instagram kamu. Pada sisi lain dari tembok La Costilla terdapat sebuah wallpaper yang menambah kesan klasik dari tempat makan ini. Pada bagian atapnya, La Costilla memilih atap berbentuk segitiga dengan bahan kayu yang memiliki pola zig-zag dengan beberapa lampu gantung sebagai penerangannya.

Sedangkan sisi belakang dari La Costilla dijadikan sebagai spot foto yang menjadi ciri khas dari tempat makan ala Mexico ini, yup sebuah pintu berwarna hijau dan tembok berwarna merah jambu dengan hiasan menyerupai pohon kaktus. Spot terfavorit para instagrammer disembunyikan di sisi paling belakang kafe ini. Untuk bisa berfoto di spot terkece ini, kamu harus rela mengantri dengan para pengunjung lainnya. Bukan hanya satu atau dua orang saja lho, bahkan bisa rombongan. Dengan menggunakan sweatshirt dan topi yang senada dengan warna temboknya, serta celana chino berwarna biru dongker, saya mengabadikan moment kunjungan saya ke La Costilla.

Menu yang ada di La Costilla Bandung

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya kalau beberapa menu di La Costilla Bandung menggunakan bahasa Spanyol. Tapi tidak perlu khawatir karena keterangan pada menu tersebut akan memudahkan kamu untuk memilih makanan dan minuman. Jadi, kamu tidak akan salah pilih menu guys.

Bacon and Cream Fettuccine
La Costilla Bandung

Fetucini with Bacon and Cream by La Costilla Bandung | Sumber: jajakarama.com

Yup, kali ini saya akan me-review mengenai pasta (lagi), saya harap kalian tidak bosan ya. Ada lima pilihan menu pasta yang ditawarkan oleh La Costilla, yaitu Jalapeno Aglio Olio, Bacon & Cream, Basil Pesto, Classicas Albondigas, dan Tuna Rocket. Jenis pasta yang ditawarkan oleh La Costilla juga tidak terlalu banyak, hanya tiga yaitu Spaghetti, Fettuccine, dan Fusilli. Saat itu saya memesan Fettuccine with Bacon & Cream sebagai hidangan yang akan saya santap di siang hari. Fetucini dengan cream, irisan bacon, keju parmesan, dan potongan daun seledri dipadu padankan dalam satu piring. Secara penampilan terlihat pucat karena memang hanya diberikan cream bukan saus barbeque. Cream-nya akan membuat pasta lengket, sehingga kamu harus menghabiskannya dengan cepat. Sedangkan kelezatan bacon-nya kurang terasa karena rasa cream-nya terlalu dominan.

Jamaican Jerk Chicken
La Costilla Bandung

Jamaican Jerk Chicken by La Costilla | Sumber: jajakarama.com

Teman saya pernah berkata, “Kalau kamu makan di suatu tempat, lihat menu yang ada di bagian Speciallity-nya terlebih dahulu, pesan yang itu”. La Costilla menawarkan enam menu speciallity, yaitu Sizzling Rice JalapenoRoasted Baby ChickenJamaican Jerk ChickenPargo PicanteSalmon en Croute, dan Beef Wellington. Teman saya memilih Jamaican Jerk Chicken untuk santap siangnya di hari itu. Ayam panggang yang diberikan saus ala mexico, potongan jagung manis bakar yang diolesi saus barbeque, dan juga salad. Dari segi rasa, seperti masakan mexico pada umumnya rasa tomat sangat terasa. Sedangkan untuk jagungnya juga enak karena menggunakan jagung manis dan diolesi juga dengan saus.

Choco Caramello Mantequilla
La Costilla Bandung

Choco Caramello Mantequilla by La Costilla Bandung | Sumber: jajakarama.com

Untuk minumannya, saya memesan Choco Caramello Mantequilla. Kalau di La Costilla, minuman ini masuk ke dalam kategori mocktail, sedangkan dari segi rasa menurut saya lebih ke milkshake. Karena masuk dalam kategori mocktail, sudah dipastikan minuman ini bebas alkohol ya guys. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai komposisi minumannya. Cokelat buatan sendiri dipadukan dengan vanilla whip cream dan taburan chocochips memberikan rasa yang sangat nikmat. Tidak diragukan lagi soal rasa dari minuman ini, enak banget lah pokoknya (buat penikmat cokelat seperti saya).

Batidos de Platano
La Costilla Bandung

Batidos de Platano by La Costilla Bandung | Sumber: jajakarama.com

Nah, namanya kurang Spanyol apalagi untuk minuman yang satu ini. Pisang, kacang mete, vanilla whip cream, dan kayu manis dijadikan satu untuk menghasilkan sebuah minuman. Sama seperti minuman yang saya pesan sebelumnya, Batidos de Platano ini juga bebas alkohol. Buat kamu yang sangat menyukai minuman yang terbuat dari pisang, minuman ini sangat cocok kamu coba. Sepertinya La Costilla memang tahu bagaimana cara untuk memanjakan lidah pada customer-nya.

Lokasi La Costilla Bandung

Dengan 2 main course dan 2 minuman, biaya yang kami keluarkan tidak mencapai Rp 200.000,-. Tidak terlalu mahal tapi tidak murah juga. Berikut total biaya yang dikeluarkan untuk menu yang dipesan:

La Costilla Bandung

Total biaya makan di La Costilla Bandung | Sumber: jajakarama.com

Buat kamu yang ingin mencoba makanan ala mexico yang lagi hits banget di kalangan milenial ini, kamu bisa menggunakan taksi online sajaBerikut alamat lengkapnya:

Jl. Karangsari No.8

Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung

Jawa Barat, Indonesia – 40141

+62819-1014-6707

Instagram: Official Instagram La Costilla Bandung

 

TAGS
RELATED POSTS
5 Comments
  1. Balas

    Ristiyanto

    18 Agustus 2018

    Saya tertarik sama minuman Choco Caramello Mantequilla, sepertinya benar-benar lezzatos.

  2. Balas

    Mutiara

    18 Agustus 2018

    Ga ada tacos and burritos yah, gw sampe mantengin menu listnya… Hehehe… Tapi La Cosstilas emang instagramable banget sih, nambah lagi pilihan kalo mau kulineran di Bandung. Thank You reviewnya, Rama.

    • Balas

      Rama Murtaba

      21 Agustus 2018

      Gak ada kak. hehehe, seperti yang di menu itu saja pilihannya. Saya ke sini karena tempatnya yang instagramable awalnya, tapi ternyata untuk makanannya juga tidak mengecewakan.

  3. Balas

    Maria Widjaja

    20 Agustus 2018

    Batidos de Platano it is! Saya akan mencoba yang satu ini jika berkunjung ke sana.

    • Balas

      Rama Murtaba

      21 Agustus 2018

      Hahahaha, Minumannya enak-enakan banget kak. kalau untuk makanannya sepertinya coba yang di specialty saja kalau mau aman untuk rasa.

LEAVE A COMMENT

RAMA MURTABA
INDONESIA

Nama saya Rama, seorang melankolis yang sedang menggeluti hobi barunya dibidang fotografi dan travelling. Dengan web ini saya akan membagikan pengalaman saya yang dibagi dalam tiga kategori yaitu Jalan, Jajan, dan Kamar.

MY TWO CENTS

“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters wi“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”th new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”