Art Jakarta 2018
Jalan

Bertemu Dengan Idola di ART Jakarta 2018

on
26 Agustus 2018

Tidak perlu basa-basi lagi, pada artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menghadiri acara Art Jakarta 2018. Ini merupakan kali pertama saya datang ke event tahunan yang digelar di kota Jakarta. Pada tahun 2017 saya sempat ingin menghadiri acara yang sama, tapi jujur saja saat itu rasa penasaran saya tidak sebesar tahun ini. Beruntung lah saya datang ke Art Jakarta di tahun ini karena akhirnya saya bisa bertemu dengan salah satu idola. Sosok yang menginspirasi saya di dunia photography beberapa bulan belakangan ini. Mau tau siapa orangnya? Baca sampai habis ya guys.

Baca juga: Warna-Warni Keindahan Karya Seni di Art Jog

Cerita singkat mengenai Art Jakarta
Art Jakarta 2018

Art Jakarta 2018 | Sumber: instagram.com/artjakarta

Art Jakarta pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009. Sejak saat itu Art Jakarta mampu mengembangkan dan menjadi salah satu acara tahunan yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat seni. Sebagai salah satu art fair di Indonesia, Art Jakarta berkolarobasi dari semua kalangan mulai dari seniman, galeri, dan juga kolektor. Pastinya akan banyak sekali hasil karya yang bisa dinikmati di acara tahunan seni ini. Art Jakarta juga berfungsi sebagai platform dalam pengembangan pasar seni di Indonesia dan penemuan-penemuan bakat baru di bidang seni. Di tahun 2018 ini tentunya menjadi tahun yang spesial untuk Art Jakarta karena sekaligus merayakan satu dekade terselenggaranya acara tahunan ini.

Berlokasi di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place
Art Jakarta 2018

Rama dan Karya di Art Jakarta 2018

Art Jakarta 2018 kali ini diselenggarakan (lagi) di salah satu kawasan elit di Jakarta Pusat, yaitu di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place. Lokasinya terbilang cukup strategis untuk mengadakan sebuah acara tahunan seperti ini. Terlebih kawasan ini memang dikenal dengan tempat kumpulnya para jet setter di Ibu Kota tercinta. Di tahun ini, para pengunjung Art Jakarta 2018 harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 50.000,- untuk dapat memasuki pameran seni. Harganya masuk kategori menengah lah, tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah.

Art Jakarta 2018, perayaan satu dekade
Art Jakarta 2018

Rama dan Karya di Art Jakarta 2018

Perayaan 10 tahun Art Jakarta dirayakan dengan diadakannya art fair yang berkolaborasi dengan 53 partisipan yang terdiri dari seniman, galeri, dan kolektor. Art fair di tahun 2018 ini diadakan pada tanggal 2 – 5 Agustus 2018 lalu. Selama empat hari, mata para penikmat seni telah dimanjakan dengan karya-karya seni. Karya seni tersebut mulai dari sebuah lukisan bunga hingga karya seni yang sulit untuk dipahami maknanya (abstrak). Program yang ada di 10 tahun Art Jakarta kali ini tentunya bukan hanya sekedar art fair tetapi ada juga charityworkshops, dan art talk, lengkap banget kan guys.

Art Jakarta 2018

Rama dan Karya di Art Jakarta 2018

Program charity yang diselenggarakan di Art Jakarta disebut dengan Art Charity AuctionYup, karena namanya charity tentunya ada beberapa karya dari para seniman, galeri, dan kolektor yang dilelang. Karya seni tersebut mulai dari art carpet hingga patung berbentuk anak anjing yang pastinya sangat menggemaskanHarganya tidak perlu ditanya ya guys, saya sendiri tidak mampu membayangkan harga dari karya yang dilelang. Harga sebuah lukisan bunga saja bisa mencapai Rp 17.000.000,- apalagi karya-karya yang dilelang ini.

Art Jakarta 2018

Rama dan Karya di Art Jakarta 2018

Sedangkan untuk workshop-nya sendiri terdapat 5 jenis, yaitu ceramic handbuildpainting on wooden boardcharacter puppetmakingpainting on pvc clutch, dan print making. Harga untuk workshop yang diselenggarakan oleh Art Jakarta ini mulai dari Rp 150.000 – Rp 300.000,-. Selain bisa membawa pulang hasil karya seni dari tangan sendiri, para partisipan juga akan mendapatkan sebuah tote bag. Jadi worth it banget lah buat mengikuti workshop-nya.

Bertemu dengan salah satu idola di Art Jakarta 2018

Setelah saya berkeliling dan memasuki beberapa booth pameran, sampailah saya pada satu booth dengan hasil foto yang menarik perhatian. Dan akhirnya mata saya tertuju pada tulisan yang berada di bagian tengah sisi atas booth, “#LetMeTellYouAStory A Solo Show by Alexander Thian”. “God damn!“, ucap saya dalam hati. Saya tidak menyangka kalau ternyata sosok yang dikenal dengan username @amrazing di instagram juga berpartisipasi pada Art Jakarta 2018. Saya pun masuk dan melihat-lihat semua hasil foto dari sosok pria yang biasa dipanggil Koh Lexy atau Kak Alex ini.

Memang dasar jiwa saya yang terlalu kepo akan suatu hal, disaat saya sedang asyik menikmati hasil-hasil fotonya terjadilah sebuah percakapan tepat di belakang saya. Pada intinya sang penjaga booth mengatakan “Iya nanti dia ke sini”, dalam hati pun sontak berteriak “Apaaaaaa???” agak lebay memang tapi memang seperti itu adanya. Tapi sang penjaga booth pun tidak bisa memberikan kepastian kapan Kak Alex tiba karena telponnya tidak diangkat.

Setelah selesai makan siang, saya pun akhirnya memutuskan untuk masuk kembali ke dalam area pameran dan menemui Moses. Dan setelah melewati booth tersebut akhirnya sosok yang ditunggu sudah tiba dan ramai. Diam terpaku karena masih tidak menyangka bisa melihat langsung sosok yang selama ini menginspirasi saya dalam dunia photography. Saya pun mengantri untuk berfoto dengan Kak Alex dan begini percakapannya:

Saya (R) : … (Speechless)

Kak Alex (A) : Halo, Apa kabar?

R : Baik, suka banget sama foto-fotonya di instagram.

A : Terimakasih

R : Sumpah gemeter.

A : Kenapa gemeter? emang gue setan? hahaha

Begitulah ceritanya, panjang ya. let’s move on and back to the Art Jakarta 2018 topic.

Beberapa karya seni yang dipamerkan di Art Jakarta 2018

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya kalau di Art Jakarta 2018 ini terdapat 53 partisipan yang memamerkan karya seninya. Berikut beberapa hasil karya seni yang dipamerkan di Art Jakarta 2018:

Maaf ya guys kalau gambarnya banyak karena saya bingung mau lampirin yang mana saja, semuanya bagus-bagus banget.

Sampai bertemu di Art Jakarta 2019
Art Jakarta 2018

See You in Art Jakarta 2019 | Sumber: instagram.com/artjakarta

Setelah empat hari digelar dan dihadiri oleh lebih dari 32.000 penikmat seni yang bukan hanya dari Jakarta, tepat pada tanggal 5 Agustus 2018 acara tahunan ini ditutup. Berbeda dengan Art Jog 2019 yang sudah diberikan bocoran mengenai tanggal diselenggarakannya, pihak Art Jakarta masih merahasiakan tanggal Art Jakarta 2019. Tanggal saja masih rahasia, apalagi venue. Tapi jika dilihat dari venue tahun lalu dan tahun ini, masih memungkinkan kalau Art Jakarta 2019 diselenggarakan di tempat yang sama yaitu Ballroom Ritz Carlton Pacific Place. So, keep watching for more informations guys. Kamu juga bisa follow official instagram Art Jakarta di sini supaya kamu tidak ketinggalan informasi. See you next year Art Jakarta!

TAGS
RELATED POSTS
54 Comments
  1. Balas

    achi hartoyo

    26 Agustus 2018

    Aku pun suka menghadiri Art Jakarta 2018. Suka banget sama karya seni yang ditampilkan. Semoga 2018 diundang lagi 😀

    • Balas

      Rama Murtaba

      27 Agustus 2018

      Banget mas achi. Tapi kalau lihat harga dari karya yang dipamerkan, rasanya sedih. Hahaha
      Ajak-ajak juga dong mas kalau dapat undangan. Lol

  2. Balas

    Mutiara

    27 Agustus 2018

    Whooaaa… Kebayang senengnya Rama ketemu @amrazing, lucky you. Suka banget sama foto-fotonya yang banyak itu, keren-keren euy. Semoga bisa nonton Art Jakarta 2019 juga…. Amien.

    • Balas

      Rama Murtaba

      27 Agustus 2018

      hahaha, seneng banget lah kak. seumur-umur baru kali ini kagum sama orang sampai segitunya.

  3. Balas

    Antin Aprianti

    27 Agustus 2018

    Fotonya bagus-bangus banget, apalagi liat langsung pasti keren. Sayangnya kemarin nggak sempet ke sini.

    Akupun suka banget sama foto-fotonya koh lexy di IG, keren-keren banget. Asiknya yang ketemu langsung.

    • Balas

      Rama Murtaba

      27 Agustus 2018

      karyanya emang bagus-bagus banget kak antin. harganya juga bagus. hahahaha

  4. Balas

    Maria Widjaja

    27 Agustus 2018

    Aduh! Jadi semakin menyesal karena tahun ini tidak meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini.

  5. Balas

    Dayu Anggoro

    27 Agustus 2018

    Keren yah acara Art Jakarta ini, lebih keren lagi bisa ketemu idolanya Bang.

  6. Balas

    Amelia

    28 Agustus 2018

    Sebenernya kemaren mau banget datang dan liat art jakarta 2018, bahkan udah janjian sama temen mau lihat-lihat di art jakarta, tapi apa daya tiba-tiba dikasih tugas kantor dan akhirnya batal hadir

  7. Balas

    Deny Oey

    28 Agustus 2018

    Penulis kenapa gemeteran yah ketemu Amrazing? Apakah itu adalah getaran cinta? 😁😁

    Next kalau ada kesempatan bolehlah ke Art Jakarta. Apalagi event² seperti ini sudah paham keinginan milenials yg nyari spot instagenic. Semoga yg datang adalah adalah para pecinta seni, bukan hanya pencari spot foto cantik.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      hahaha, kenapa jadi cinta wahai cp hitz?
      benar sekali, tapi nampaknya untuk art jakarta kali ini memang di dominasi oleh para penikmat seni karena banyak dari mereka yang menikmati tiap hasil karya yang dipamerkan bukan foto selfie di depan karya tersebut. hehehe

  8. Balas

    Kartini

    28 Agustus 2018

    Woow salah satu penggemar Amrazing juga yaa!
    Aku juga penyuka foto2nya dan #Letmetellyouastory nya amrazing. Tiap fotonya pasti bercerita.
    Btw dia emang blak2an banget ya! Emang gw setan? Hahaha

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      hahahaha, saya sudah takut tuh pas Kak Alex ngomong gitu tapi ternyata suka bercanda juga orangnya.

  9. Balas

    ristiyanto

    28 Agustus 2018

    Rupanya Mas Rama penikmat sejati seni ya hahaha… Setelah datang ke pameran seni di Yogya, kali ini giliran di Jakarta.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      iya mas ris. hehe memang suka banget sama seni. setiap pergi ke suatu tempat pun pasti harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke art gallery yang ada di kota tersebut.

  10. Balas

    Budi Setiadi

    28 Agustus 2018

    Wah Rama gila sih bisa ketemu @amrazing asli nya.. Bikin ngiri banget, sumpah..
    Saya suka banget dengan karya dan cerita dia.. Ikut merinding lho walaupun cuma baca doang, apalagi bisa ketemu dia secara langsung.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      terimakasih kak budi. hehehe

  11. Balas

    Agusonpapers

    28 Agustus 2018

    Dulu waktu masih muda sering banget hadir dan liat acara-acara macem ini….sekarang cuma sekedar tau aja tapi ngga datengin, rasa dah berubah…

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      memangnya sekarang sudah tua bang? haha nampaknya untuk menghadiri suatu acara seperti ini tidak terbatas usia. jangan jadikan usia sebagai alasan untuk aktif. lol

  12. Balas

    lenifey

    29 Agustus 2018

    Ya ampun.. ya ampun.. aku envy sekali rama bisa poto ama koh lexy.. btw suka sama foto2 nya.. kece abis..

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      terimakasih sudah mampir ya 😉

  13. Balas

    Maya Nirmala Sari

    29 Agustus 2018

    Gila, keren-keren banget karya senin yang dipamerkan. Itu kalau tiket masuknya gratis, pasti diserbu orang berbondong-bondong deh. Jadi emang wajar klo “dimahalin” biar pengunjung ga terlalu banyak dan bisa menikmati seni lebih dalam.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      Tidak gratis saja yang datang sampai tembus 32.000 pengunjung. apalagi kalau gratis. hahaha

  14. Balas

    Tuty prihartiny

    29 Agustus 2018

    Sesuatu banget ya kak menghadiri Art Jakarta tahun ini. Semoga ada pengalaman mengesankan lagi di Art Jakarta berikutnya, atau pameran seni lainnya yang kak rama kunjungi …

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      Pastinya. terimakasih kak tuty sudah mampir.

  15. Balas

    Taumy

    29 Agustus 2018

    Hasil karya yang dipamerkan di art Jakarta bagus-bagus. Apalagi bias bertemu dengan sang idola. Bonus yang luar biasa.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      benar sekali bang haha

  16. Balas

    Dewi Setyowati

    29 Agustus 2018

    Duh, kok jadi nyesel ya ga jadi ke sana..bagus banget ternyata dan photoable wkwkwwk. Thanks for sharing Ram..kayaknya tahun depan harus dateng nih.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      Jangan lupa datang mbak dewi, bareng sama mas achi juga.

  17. Balas

    Ifa Mutia

    29 Agustus 2018

    Keren ya karya karya seninya.
    Walau harganya juga wow..tapi itulah seni yang kadang tidak bisa kita ukur nilai.
    Bagus juga ya pameran ini ada workshopnya dan charity event nya juga.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      benar sekali kak. masih belum bisa memahami juga kenapa bisa semahal itu untuk sebuah lukisan. hehe

  18. Balas

    Iqbal

    29 Agustus 2018

    Kalau buat saya yg gak cinta (gak bisa cinta maksudnya) sama seni, rasanya 50 rb mending buat beli nasi padang hehee

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      itulah sebabnya pada artikel Yayoi Kusama saya memberikan penjelasan kalau seni bersifat subjektif. hehe tidak apa-apa bang.

  19. Balas

    Firdaus Soeroto

    29 Agustus 2018

    Belum pernah ke Art Jakarta sama sekali! Ah…envy liat ini haha

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      datang di acara tahun depan daus biar gak envy lagi hehe

  20. Balas

    Yunita Tresnawati

    29 Agustus 2018

    @amrazing mah emang keren foto-fotonya ga heran Rama sampai gemetar yaa hehehhe. Lukisan yang dipamerkan bagus-bagus banget. Jadi lebih tau seni dan acara seni setiap baca blognya Rama

  21. Balas

    Yunita Tresnawati

    29 Agustus 2018

    @amrazing mah emang keren foto-fotonya, Aku soh ga aneh dan heran kalau Rama sampai gemetar yaa hehehhe. Lukisan yang dipamerkan bagus-bagus banget. Jadi lebih tau seni dan acara seni setiap baca blognya Rama

  22. Balas

    Annisa

    29 Agustus 2018

    Wahh keren banget karya-karyanya. Apalagi dapat kesempatan foto bareng idola, pasti senang banget ya Kak.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      banget kak. seumur-umur belum pernah ngefans sama seseorang sampai segitunya. hahaha

  23. Balas

    Yunita Tresnawati

    29 Agustus 2018

    @amrazing mah emang keren foto-fotonya, Aku sih ga aneh dan heran kalau Rama sampai gemetar yaa hehehhe. Lukisan yang dipamerkan bagus-bagus banget. Jadi lebih tau seni dan acara seni setiap baca blognya Rama

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      Hahaha, benar banget kak yun. Freezing beberapa detik pas lihat Kak Alex. Terima kasih kak yun. 😉

  24. Balas

    Citra Rahman

    29 Agustus 2018

    Benda pamernya keren-keren ya. Sayang aku ga bisa datang ke Jakarta untuk melihat ini. Karya @amrazing banyak yang puji juga tuh aku lihat di twitter.

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      Hasil fotonya Kak Alex memang bagus-bagus kak. Apalagi yang dipamerkan. Kak Alex menceritakan bagaimana kisah dibalik foto yang diambil pada sebuah caption seperti di Instagram.

  25. Balas

    Airin

    29 Agustus 2018

    Wiww.. artistik banget.. karya2nya bener2 indah

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      banget kak. tapi konsep art jakarta kali ini beda sih karena bukan hanya memamerkan tapi juga menawarkan. hahaha

  26. Balas

    Putri Reno

    29 Agustus 2018

    Pertama kali buka blog ini di kasih tampilan gambar Reflections of Life. Langsung sedih gimana gitu. Tapi itulah kenyataan yang ada sekarang. Keren keren fotonya. Lebih asik lagi kalau berkunjung langsung kesana kali ya? Biar lebih dapat feelnya..

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      benar banget kak. Makanya saya jadikan lukisan itu sebagai gambar untuk mewakili artikel ini. sangat tragis rasanya. terlebih dengan isu sampah plastik yang sudah membuat beberapa biota laut mati. haft

  27. Balas

    Inez

    30 Agustus 2018

    kenapa aku ga tau ada event bagus kaya gini
    sayang terlelewatkan…

    • Balas

      Rama Murtaba

      30 Agustus 2018

      masih ada tahun depan kak inez, ditunggu saja. hehe

  28. Balas

    Lisa Fransisca

    30 Agustus 2018

    Karya-karya Art Jakarta 2018 memang bagus-bagus ya. Seni selalu bisa jadi wadah unik untuk menampung ide dan kritik dari berbagai aspek. Keren ulasannya, Kak! Sayangnya saat ke sana saya nggak ketemu sama Ko Alex.

  29. Balas

    Kelanakucom

    30 Agustus 2018

    Koh lexy tuh selain fotonya cakep-cakep, orangnya cakep, tulisannya juga bagus. Pertama tahu sosom @amrazing tuh dari buku dia yang judulnya Amazing. Semua ceritanya lucu dan asik. Kejadian di konter hp bisa semenggelikan itu 😂
    Beruntung banget bisa ketemu dia. 😀

  30. Balas

    fajar

    30 Agustus 2018

    Terima kasih informasinya bisa diagendakan nih art jakarta 2019 tapi sayangnya bulan dan tanggalnya belum ketahuan

  31. Balas

    Eka Rahmawati

    31 Agustus 2018

    Tadinya aku juga mau datang ke Art Jakarta kemarin. Tapi enggak jadi. Huhu. Nyesel deh akutuh engga jd datang. Hiks.

    Aku pun penggemar Kak Alex. Tapi aku bukan cuma suka sama foto2nya aja. Tapi sharing dia soal zodiak di Insta Storynya juga bikin engga mau ketinggalan updatenya hehehe

  32. Balas

    Nasa

    2 September 2018

    Bagus banget bg foto2 karya seninya.
    Cie yg ketemu idola, ampe gemeteran gitu. Awas loh jd suka cowok wkwk

LEAVE A COMMENT

RAMA MURTABA
INDONESIA

Nama saya Rama, seorang melankolis yang sedang menggeluti hobi barunya dibidang fotografi dan travelling. Dengan web ini saya akan membagikan pengalaman saya yang dibagi dalam tiga kategori yaitu Jalan, Jajan, dan Kamar.

MY TWO CENTS

“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters wi“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”th new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”